Radiohead

lyricsauto.com – Halo teman-teman pecinta musik! Kali ini, kita akan membahas salah satu band rock asal Inggris yang sangat terkenal dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Mereka adalah Radiohead! Band ini telah berkarir sejak tahun 1985 dan hingga kini tetap eksis dengan musik-musik yang luar biasa. Dalam artikel kali ini, kita akan mengupas tuntas biografi dari band Radiohead mulai dari sejarah terbentuknya hingga perjalanan karir mereka di industri musik. Selain itu, kami juga akan membahas lagu hits mereka yang melegenda serta bagaimana akhirnya menjadikan Radiohead sebagai salah satu band rock paling legendaris dalam sejarah musik modern. Yuk simak informasi lengkapnya!

Sejarah Terbentuknya Band Asal Inggris Radiohead

Radiohead terbentuk pada tahun 1985 oleh lima orang teman sekolah: Thom Yorke, Ed O’Brien, Phil Selway, Colin Greenwood, dan saudara laki-laki Colin Greenwood, Jonny. Saat itu mereka masih berusia belasan tahun dan mulai membentuk band di SMA Abingdon School di Oxfordshire.

Pada awalnya band ini dikenal dengan nama “On a Friday”, karena mereka sering mengadakan latihan pada hari Jumat sore setelah pulang sekolah. Mereka memainkan musik rock alternatif yang dipengaruhi oleh band-band seperti R.E.M, Pixies dan The Smiths.

Setelah lulus dari SMA pada tahun 1987, Radiohead sempat vakum selama beberapa waktu sebelum kemudian bergabung kembali pada awal 1990-an. Pada saat itu mereka merilis singel pertama mereka “Creep” yang menjadi hit besar di Inggris maupun Amerika Serikat.

Kesuksesan lagu “Creep” tersebut membuat Radiohead semakin populer dan akhirnya berhasil menandatangani kontrak rekaman dengan EMI Records. Setelah itu, mereka merilis album debut bertajuk “Pablo Honey” (1993) yang sukses besar secara komersial serta menerima banyak pujian dari kritikus musik.

Dari sana karir Radiohead pun semakin berkembang sehingga menjadikan mereka sebagai salah satu band rock tersukses dalam sejarah musik modern. Meski pernah mengalami pasang surut dalam perjalanan kariernya namun hingga saat ini nama Radiohead tetap eksis di dunia musik internasional serta memiliki penggemar yang begitu setia.

Kisah Lagu Creep Dari Radiohead Yang Mendunia

Creep Radiohead
Creep Radiohead

Siapa yang tidak mengenal lagu “Creep” dari band rock legendaris, Radiohead? Lagu ini menjadi sangat populer di seluruh dunia dan menjadi salah satu karya terbesar mereka. Namun, tahukah kamu bahwa awalnya lagu ini ditolak oleh label rekaman?

Ketika pertama kali dirilis pada tahun 1992, “Creep” tidak mendapat sambutan positif seperti yang diharapkan. Label rekaman bahkan menolak untuk mempromosikannya karena merasa kurang komersial dan sulit dipasarkan.

Namun, keberuntungan akhirnya datang ketika sebuah stasiun radio di Amerika Serikat memutar ulang lagu tersebut dan ternyata mendapatkan respon yang luar biasa dari pendengar. Tak lama setelah itu, “Creep” menduduki peringkat tertinggi dalam tangga lagu modern rock dan membawa nama Radiohead ke kancah musik internasional.

Lirik lagunya sendiri dikenal memiliki tema dark and twisted tentang obsesi seorang pria terhadap wanita yang tak menyadarinya. Meskipun demikian, melodi gitar khas Jonny Greenwood serta suara vokal emosional Thom Yorke mampu menciptakan kesan mendalam bagi para pendengarnya.

Hingga saat ini, “Creep” masih sering dimainkan dalam konser Radiohead maupun acara musik lainnya sebagai penanda identitas band rock asal Inggris tersebut. Kesimpulannya: meskipun sempat ditolak oleh label rekaman dahulu kala, namun dengan dedikasi dan kerja keras mereka membuat “Creep” menjadi salah satu lagu rock terbaik sepanjang masa.

Band Rock Yang Memiliki Penggemar Di Seluruh Dunia

Radiohead adalah band rock asal Inggris yang memiliki penggemar di seluruh dunia. Mereka telah menghasilkan lagu-lagu yang ikonik dan memenangkan berbagai penghargaan dalam industri musik, seperti Grammy Awards dan BRIT Awards.

Sejak terbentuk pada tahun 1985, Radiohead telah merilis sembilan album studio yang mendapatkan banyak pujian dari para kritikus musik. Album mereka termasuk “Pablo Honey” (1993), “OK Computer” (1997), dan “In Rainbows” (2007). Setiap album menampilkan suara unik yang berbeda-beda, membuat fans setia mereka tidak pernah bosan.

Tidak hanya itu, Radiohead juga dikenal sebagai band rock dengan kepedulian sosial tinggi melalui lirik-lirik lagu mereka. Mereka bahkan turut serta dalam kampanye untuk membantu lingkungan hidup dan mendukung hak-hak manusia.

Meskipun beberapa kali sempat vakum dari panggung musik dunia, namun ketika comeback di tahun 2016 dengan album “A Moon Shaped Pool”, kesuksesan ini seakan-akan tak lepas dari genggaman tangan Thom Yorke Cs. Buktinya saja pada saat dirilisnya album tersebut langsung ramai dibicarakan oleh para pecinta musik di seluruh dunia.

Dengan prestasi-prestasi yang telah berhasil mereka raih hingga saat ini, tidak heran jika Radiohead menjadi salah satu band rock legendaris yang masih eksis hingga sekarang dan memiliki penggemar di seluruh penjuru dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *